Capaian Pembelajaran Pengembangan Perangkat Lunak

Capaian Pembelajaran Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim | Dengan Lingkup materi mata pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim meliputi wawasan di bidang pengembangan perangkat lunak, gim, dan pemrograman.

Capaian Pembelajaran Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim | Dengan Lingkup materi mata pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim meliputi wawasan di bidang pengembangan perangkat lunak, gim, dan pemrograman.

Capaian Pembelajaran Pengembangan Perangkat Lunak 

A. Rasional Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim

Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian pengembangan perangkat lunak dan teknologi game. 

Mata pelajaran ini dilengkapi dengan kemampuan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan serta User Experience (UX) dalam proses desain sebagai penerapan prinsip customer oriented.

Mata pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim berfungsi membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar memiliki dasar yang kuat dalam mempelajari mata pelajaran-mata pelajaran pada konsentrasi keahlian di kelas XI dan XII. 

Lingkup materi mata pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim meliputi wawasan di bidang pengembangan perangkat lunak, gim, dan pemrograman.

Pembelajaran dapat dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode serta model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian
sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 

Peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep dan nilai-nilai baru secara mandiri serta memahami dan menerapkan aspek digital consumer behaviour. 

Model-model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain :
  1. Project-Based Learning
  2. Teaching Factory, 
  3. Discovery-Based Learning, 
  4. Problem-Based Learning
  5. Inquiry-Based Learningatau model lainnya serta metode yang relevan, 
Untuk lebih jelas 5 model diatas, silahkan cek lebih lanjut Sintaks 5 Model Pembelajaran

Mata pelajaran ini berkontribusi dalam membentuk peserta didik memiliki keahlian pada bidang Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim, meningkatkan lebih lanjut kemampuan logika dan teknologi digital (computational thinking), yaitu suatu cara berpikir yang memungkinkan untuk menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola masalah, serta menyusun langkah- langkah solusi mengatasi masalah sebagai implementasi customer oriented. 

Penguasaan kemampuan Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim akan membiasakan peserta didik bernalar kritis dalam menghadapi permasalahan, bekerja mandiri, serta kreatif dalam mengembangkan produk-produk yang
memegang prinsip kebhinekaan global dan menemukan solusi permasalahan kehidupan.

Capaian Pembelajaran Pengembangan Perangkat Lunak 

B. Tujuan Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim

Mata pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) yang diarahkan untuk mengembangkan kemampuan sebagai berikut:
  1. memahami proses bisnis di bidang industri Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim;
  2. mampu mengembangkan wawasan tentang perkembangan teknologi dan isu-isu global bidang Perangkat Lunak dan Gim;
  3. memahami profesi dan kewirausahan (job profile dan technopreneurship) serta peluang usaha di bidang industri Perangkat Lunak dan Gim;
  4. memahami lingkup kerja bidang Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim; dan
  5. memahami pemrograman terstruktur dan pemrograman berorientasi obyek.

Capaian Pembelajaran Pengembangan Perangkat Lunak 

C. Karakteristik Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim

Pada hakikatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh tenaga pengembang IT, programmer, database administrator, web engineer (merancang dan membangun website), game developer (mengembangkan perangkat lunak multimedia gim) dan jabatan lain sesuai dengan perkembangan dunia kerja. 

Selain itu peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, entrepreneur profile, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi.

Pengembangan soft skills pada mata pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim sangat penting sebagai pembekalan dasar di dalam membangun etos kerja, meliputi komunikasi, critical thinking, kolaborasi, dan kreativitas. 

Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim membangun soft skills yang menjadi pondasi dalam pengembangan hard skills seperti pemodelan, implementasi, dokumentasi serta testing perangkat lunak.

Elemen dan deskripsi mata pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim bisa sobat cek bersama capaian pembelajaran dibawah;

D. Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim


Pada akhir fase E (kelas X SMK), peserta didik akan mendapatkan gambaran yang tepat mengenai program keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim melalui penguatan wawasan dunia kerja dan kewirausahaan serta penguasaan elemen-elemen pembelajaran lainnya, sehingga dapat menumbuhkan passion serta vision yang dapat memotivasi dalam merencanakan serta melaksanakan aktivitas belajar pada fase ini maupun fase berikutnya.

Capaian pembelajaran pada elemen-elemen mata pelajaran Dasar- Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim dapat diuraikan sebagai berikut:

 

Atau Silahkan unduh Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim di link Berikut ini :

 

Sumber rujukan : Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer ini diambil dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
Semoga Bermanfaat

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Pengembangan Perangkat Lunak "