Apa Itu Wordpres, Sejarah, Kekurangan, Dan Kelebihan

Wordpress ialah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat terkenal di gunakan sebagai mesin blog (blog engine). Wordpress di bangkit dengan bahasa pemograman PHP dan basis data (database) dianatarnya MysQL, PHP dan MYSQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber tebuka (open source software). Selain sebagai blog, wordpress juga mulai di gunakan sebagai sebuah CMS ( content management system) alasannya ialah kemampuannya untuk di modifikasi dan di sesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

 Wordpress ialah penerus resmi dari b2/cafelog yang di kembangkan oleh Michel Valdright nama Wordpress di usulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg, Wordpress ketika ini menajdi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama menyerupai CNN, Ruters, The New York Times, TechCrunch dan lainnya.



Sejarah Wordpress



Sejarah Wordpress di mulai ketika matt Mullenweg yang merupakan pengguna aktif dari b2 mengetahui bahwa proses pengembangan b2 di hentikan oleh pemrogramnya (progammer) yang berjulukan Michel Valdright, matt mullenweg merasa sayang dan mulai melanjutukan pengembangan b2. Wordpress muncul pertama kali pada tahun 2003 hasil kerja keras Matt Mullenwerg dengan Mike Little yang menciptakan Wordpress semakin terkenal, selain alasannya ialah banyaknya komunitas terhadapa perangkat lunak sumber terbuka untuk blog.

Wordpress.com dan wordpress.org


wordpress menyediakan dua alamat yang berbeda, yaitu Wordpress.com dan Wordpress.org.

Wordpress.com merupakan situs layanan blog yang memakai mesin Wordpress, didirkan oleh perusahaan automattic. Dengan mendaftar pada situs Wordpress.com pengguna tidak perlu melaksanakan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit sayangnya, pengguna wordpress.com tidak sanggup mengubah template standar yang sudah di sediakan. artinya pengguna tidak sanggup menambahkan aksesoris apa pun selain sudah di sediakan meski demikian fitur yang di sediakan oleh wordpress.com sudah cukup bagus.

Wordpress.org merupakan wialayah pengembang (developer) di alamat ini, sesorang sanggup mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS Wordpress, selanjutnya CMS ini sanggup di ubah ulang selama sesorang menguasi PHP,CSS dan skrip lain yang menyertainya. Wordpress dengan bahasa indonesia ada berkat kerja para kontributor di indonesia yang di pimpin oleh Huda Toriq, seorang mahasiswa kedokteran dari Universitas di ponegoro (UNDIP) semarang.

Berikut ini saya jelaskan wacana perbedaan dalam penggunaan Wordpress.com dan Wordpress.org
  • Wordpress.com untuk pengguna yang ingin menciptakan blog sendiri secara cepat dan punya alamat website.
  • Wordpress.org untuk pengguna yang ingin memodifikasi Wordpress berdasarkan kebuthan sendiri atau ingin menciptakan blog memakai alamat dan server sendiri.


Cara mendaftar Wordpress di Wordpress.com


  1. Kunjungi situs http://www.Wordpress.com, sehabis itu buka dan akan muncul form sperti gambar di bawah ini 
  2. Pilihlah nama blog teman pada kolom tersebut, nantinya nama ini ialah alamat yang akan di gunakan oleh orang lain untuk mengunjungi blog wordpress.com sahabat, jikalau sudah, lanjutkan dengan mengeklik tombol "Buat situs Web", sekedar informasi saja, nama blog ini hanya bisa di gunakan oleh satu pengguna saja, sehingga jikalau ketika teman sudah memasukan nama blog tetapi wordpress emnolaknya, di mungkinkan sudah ada pengguna yang memakai nama blog yang hendak teman masukan tadi, untuk itu cobalah nama lain dan cari yang sedikit unik, sehingga bisa di terima oleh pihak Wordpress.
  3. Setelah itu, akan muncul form registrasi isi kolom-kolom tersebut menggunkan informasi yang benar, nantinya informasi menyerupai email, nama pengguna (username) dan password, akan selalu teman gunakan ketika hendak masuk ke halaman panel kontrol blog wordpress milik sahabat.
  4. Jika pengisian informasi pada kolom-kolom di atas sudah selsai, scroll ke bawah mouse pointer sahabat, sehingga di tampilan layar laptop atau PC sahabat, klik tombol "Buat blog" alasannya ialah kita akan menciptakan versi blog wordpress yang gratisan dan wordpress akan mengirimkan email konfirmasi berkaitan dengan akun yang gres saja teman daftarkan.
  5. Setelah melaksanakan verifikasi registrasi saatnya teman melaksanakan penyesuain terhadap blog yang hendak teman pakai, pengalaman saya ada 4  langkah yang bisa sahabat. Seperti Sesuaikan judul blog, pilih tema blog, sesuaikan tema yang sudah di pilih, hubungkan dengan sosial media sahabat.
  6. Selesai selamat teman telah mempunyai situs blog dari Wordpress dan tingaal mengisi dengan artikel dan memodifikasi sesuai dengan harapan sahabat.


Keunggulan dan Fitur-Fitur Wordpress


Wordpress sendiri mempunyai sangat banyak keunggulan dan fitur-fitur untuk duduk perkara dunia blog saya akan menjelaskannya wacana keunggulan Wordpress berdasarkan pengetahuan saya, dan jikalau teman mempunyai informasi wacana keunggulan Wordpress silahkan teman beritahu teman yang lainnya di dalam kolom komentar di bawah ini.

  • Gratis, untuk mendapatkan perangkat lunak Wordpress hanya perlu mengunduh dari situsnya tanpa di pungut biaya, bahkan untuk blog komersial sekalipun.
  • Berbasis aba-aba sumber terbuka (open source) pengguna sanggup melihat dan memperoleh barisan kode-kode penyusun perangkat lunak Wordpress tersebut secara bebas, sehingga pengguna tingkaat lanjut yang mempunyai kemampuan pemograman sanggup bebas melaksanakan modiifkasi, bahkan sanggup menyebarkan sendiri aktivitas Wordpress tersebut lebih lanjut sesuai dengan harapan sahabat.
  • Template atau desain tampilannya gampang di modifikasi sesuai harapan pengguna, sehingga apabila pengguna mempunyai pengetahuan HTML yang memadai, maka pengguna tersebut sanggup berkreasi menciptakan template sendiri, pengguna yang tidak mengerti HTML, tentu saja masih sanggup menentukan ribuan template yang tersdia di internet secara bebas, yang tentu saja gratis.
  • Pengoperasiannya mudah
  • Satu blog Wordpress, sanggup di gunakan untuk banyak pengguna (multi-user) sehingga wordpress juga sering di gunakan untuk blog komunitas, anggota komunitas tersebut sanggup berperan sebagai kontibutor.
  • Jika pengguna sebelumnya telah mempunyai blog tidak berbayar, contohnya di alamat Blogger, Live journal, atau TypePad, pengguna dapar mengimpor isi blog-blog tersebut ke alamat hosting blog pribadi yang memakai perangkat lunak Wordpress. Dengan demikian pengguna tidak perlu khawatir isi blog yang usang akan menjadi sia-sia sehabis memakai preangkat lunak Wordpress.
  • Selain pengguna yang banyak, banyak pula santunan komunitas (community support) untuk wordpress
  • Tersedia banyak plugin yang selalu berkembang, plugin Wordpress sendiri yaitu sebuah aktivitas tambahan yang bisa diintegrasikan dengan Wordpress untuk menawarkan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar, contohnya plugin anti-spam, plugin web counter, album foto
  • Kemampuan untuk sanggup memunculkan XML, XHTML, dan CSS standar
  • Tersedianya struktur permalink yang memungkinkan mesin pencari mengenali struktur blog dengan baik
  • Kemungkinan untuk meningkatkan performa blog dengan ekstensi
  • Mampu mendukung banyak kategori untuk satu artikel, satu artikel dalam wordpress sanggup di kategorisasikan ke dalam beberapa kategori dengan multikategori, pencarian dan pengaksesan informaso menjadi lebih mudah
  • Fasilitas Tracback dan pingback juga mempunyai kemampuan untuk melaksanakan otomatis ping (RPC Ping) ke aneka macam search engine dan lebih cepat ter index pada search engine


Kekurangan Wordpress


Secara umumnya bergotong-royong kekurangannya ialah kebalikan dari kelebihannya tapi pada sisi tertentu ada kekurangan khusu jikalau memakai wordpress sebagai platform blog gratisan

  • Tidak bisa mengatur halaman hosting
Karena worpress ialah blog gratisan yang sudah menyediakan layanan hosting yang juga gratis, maka teman tidak bisa mengakses panel hostingnya, bagaiamana pengaturan dan sistem databasenya tidak akan bisa teman lihat apalagi di pelajari, jikalau teman ingin menciptakan script PHP sendiri untuk menciptakan form-form tertentu, terperinci tidak bisa. Misalnya mengakibatkan blog teman sebagai blog forum,, situs member, dan sejenisnya tidak bisa singkatnya keleluaasaan sahabt untuk mengoptimalkan blog menyerupai blog wordpress yang memakai hosting sendiri yang berbayar tidak akan bisa.

  • Konten atau blog tidak mutlak milik sendiri
Karena hostingnya bukan milik sahabat, maka semua konten dan status kepemilikan blog teman hanya sersifat semu, sama dengan engine blog-blog gratisan lainnya (blogger dan multiply misalnya). Sahabar bergotong-royong hanya sebagai pengguna bukan pemilik mutlak atas blog sahabat, alasannya ialah jikalau sewaktu-waktu ada kebijakan dari pihak wordpress, contohnya menghapus konten blog sahabat, atau meniadakan layaan blog gratisan mereka maka teman tidak bisa berbuat apa-apa, meskipun sejauh ini hal itu belum terjadi. Berbeda dengan jikalau teman memakai blog wordpress dengan hosting sendiri, dimana sahabatlah pemilik dan penguasa mutlak atas blog teman sendiri.

  • Tidak mendapatkan script iklan bisnis Google adsense
sudah lazim dalam dunia blogging bahwa banyak blogger alhasil mengakibatkan blog sebagai mesin bisnis, baik blog gratisan apalagi yang berbayar, dan kebanyakan bisnis internet dengan blog biasanya memakai bisnis melalui iklan. Nah, salah satu bisnis iklan PPC ( pay per klik) yang paling terkenal di dunia ialah bisnis Google adsense, dimana untuk menampilkan iklannya harus memakai script atau bahas kode, tapi hingga goresan pena ini saya luncurkan setahu saya wordpress tidak bisa menerimnya begitu juga dengna script-script iklan tertentu, berbeda dengan blogger yang memang milik Google justru eksklusif built in bisnsi Google adsense. tapi kini mungkn sudah ada kebijakan yang berbeda sehingga para pengguna wordpress sanggup menampilkan iklan dari Google adsense, bagi teman yang memakai Wordpress jangan khawatir tidak bisa menampilkan script dari google adsense.

Akan tetapi bukan berarti sebuah kekurangna ini adlaah sebuah cacat, tapi hanya sebuah keterbatasan. Tapi tentu masih wajar, alasannya ialah layanannya sendiri yang bersifat gratis, dan kenyataanya tetap banyak di gunakan oleh para blogger di seluruh dunia, dan terbukit wordpress ialah layanan blog gratis yang terkenal selain pengguna Blogger milik perusahaan Google Inc.


Demikianlah artikel yang dappat saya buat apabila ada kesalahan wacana infromasi yang saya salahkan saya siap untuk memperbaikinya dan silahkan tulis kesalahan saya di kolom komentar berikut ini terima kasih telah berkunjung dan salam semangat untuk semua blogger indonesia dan seluruh dunia hingga jumpa di lain kesempatan.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Wordpres, Sejarah, Kekurangan, Dan Kelebihan"