Apa Itu Seo ( Search Engine Optimization) Terlengkap

Penjelasan Tentang Blogger SEO ( Search Engine Optimization) Terlengkap, Terkini


Apa itu SEO ( search engine optimization)


Definisi apa itu SEO versi www.Wikipedia.com ( terjemahan dari bahasa Inggris ), Optimisasi mesin pencari atau Search engine optimization ( SEO ) yaitu sebuah proses untuk mempegaruhi tingkat keterlibatan atau keterlihatan ( Visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami ( sering di sebut juga dengan pencarian tak berbayar, pencarian non iklan, atau pencarian organik ) dari sebuah mesin pencari".

 Menurut pengetian aku sendiri, optimisai pencari atau search engine optimization atau SEO yaitu melaksanakan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web sahabat biar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berafiliasi dengna isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halman sahabat sanggup di tampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami atau tidak berbayar atau non iklan alias organik. 


Ilustrasi mengenai apa itu SEO ( Search engine optimization)




Misalnya sahabat memili situs web travel umroh dan tour muslim yang beralamat di www.denahhajiumroh.com, di situs tersebut ada paket-paket haji, umroh, dan tour muslim untuk tahun 2015 yang sahabat pasarkan. Maka dengan melaksanakan SEO atau optimisasi mesin pencari yang baik dan benar, ketika ada yang mencari umroh untuk tahun 2015 atau paket tour muslim yang tersedia di tahun 2015 ( dengan ketentuan mesin pencari web contohnya di Google), situs web sahabat akan berada di halaman pertama daftar hasil pencarian mesin pencari Google, semakin baik peringkat di halaman pertama itu, semakin baik.

Setelah situs,  blo, website sahabat tersebut sukses di - SEO kan, maka situs, blog, website sahaat akan beraada di urutan 3 besar mesin pencari google sangat menakjubkan bukan,

Begitulah ilustrasi aktifitas SEO yang sempurna sasaran, situs sahabat akan gampang di temukan oleh calon konsumen produk-produk, jas-jasa, isu perusahaan sahabat, organisasi sahabat, atau apapun yang akan sahabat tawarkan kepada para audience / pengguna internet yang membutuhkannya ( sasaran pasar sahabat).


Perbedaan SEO dan non-SEO


Pernahkah sahabat mendengar kata, kalimat no-SEO ya niscaya sahabat sudah pernah mendengar kalimat tersebut bukan?, non-SEO yaitu hasil pencarian yang di tampilkan oleh search engine yang merupakan iklan, atau jasa pengguna Google adwords dalam pencarian ini halaman tersebut di tandai dengan goresan pena iklan atau Ads dalam hasil pencarian berbahas inggris di mesin pencari lain contohnya Yahoo, hasil pencarian non-SEO akan ada goresan pena iklan.

Berikut ini gejala iklan di hasil pencarian Google ketika sahabat mengetikan keywords atau kata kunci umroh 2015 maka akan muncul website non-SEO di halaman paling atas dan website SEo niscaya akan di tampilkan di bawah website non-SEO.

Kelebihan dan kekurangan SEO VS Non-SEO


Situs atau halaman meningkatkan secara optimal SEO mempunyai kelebihan dan kekurangan sebagai berikut silahkan sahabat baca dengan seksama biar nantinya sanggup mengerti lebih dalam apa kelebihan dan kekurangna dari SEO VS Non-SEO

  •  Jika sudah berada di halaman pertama hasil pencarian Google sesuai dengan kata kunci yang di target, situs atau halaman akan mempunyai kesempatan tampil selama 24 jam seminggu (24/7) secara terus menerus (sampai ada situs atau halaman lain yang lebih optimal SEO-nya daripada, situs atau halaman tersebut). Akibatnya, situs atau halaman mendapat klik atau trafik terus-menerus dari pengunjung internet.
  • Tidak perlu membayar sepeserpun kepada Google untuk bisa di tampilkan di halaman pertama hasil pencarian Google selama 24 jam semingu (24/7) secara terus-menerus itu, rpromosi yang tidak tidur untuk meningkatkan ROI sahabat.
  • Lebih fleksibel menentukan judul dan deskripsi situs atau halaman kita sendiri
  • Membangun otoritas dan brand perusahaan, profesional, atau personal secara online dengan baik.
  • Kekuranganya tidak bisa hanya dalam waktu kurang dari 1 jam untuk sanggup muncul di ahalaman pertama Google, bisa butuh waktu harian, mingguan, atau bulanan, tergantung dari beberapa faktor
  • Di butuhkan biaya, waktu, dan perjuangan ketika melaksanakan SEO ( walaupun nanti hasil yang di sanggup bisa lebih permanen di bandingkan situs atau halaman non-SEO
  • Karena hasil yang lebih permanen di bandingkan situs atau halaman non-SEO adanya peluang yang baik untuk membangun otoritas dan brand, maka persaingan situs atau halaman untuk masuk di halaman pertama hasil pencarian Google akan lebih tinggi di bandingkan non-SEO.


Berikut ini yaitu kelebihan dan kekurangan situs atau website blog Non-SEO silahkan sahabat membacanya hingga akhir:

  • Jika di munculkan oleh Google, bisa berada di no urut 1,2 dan 3 hasil pencarian (berada di aatas hasil pencarian situs atau website blog yang di SEO kan secara alami.
  • Bisa eksklusif berada di halaman 1 bahkan nomor 1 hasil pencarian Google hanya dalam waktu yang singkat kurang dari satu jam sehingga bisa segera memasarkan produk atau jasa dan segera mendapat laba penjualan
  • Kekurangna situs Non-SEO hasil pencarian situs atau website blog ini di sebut juga iklan (ads), iklan berbayar (paid-ads), iklan PPC (pay-per-click), iklan CPC (cost-per-click), atau hasil pencarian non - organik yang bukan merupakan penghuni tetap hasil pencarian Google
  • Untuk sanggup berada di halaman 1 hasil pencarian Google, di butuhkan biaa iklan dan meningkatkan secara optimal beberapa hal trkait relevansi iklan, penglaman pengguna, dan tingkat klik iklan
  • Jika anggaran iklan habis, maka iklan situs atau website blog sahabat akan berhenti ytayang dari halaman pertama hasil pencarian Google ketika itu juga, jadi kemunculan situs atau website blog di halaman pertama hasil pencarian Google hanya bersifat sementara sesuai ketersidaan budget atau anggaran kampanye iklan, tidak permanen ibarat SEO.


Dari penjelasana aku mengenai kekurangan dan kelebihan SEO dan Non-SEO di atas sanggup di tarik kesimpulan bahwa hasil pencarian SEO yaitu hasil pencarian utama dan hasil pencarian non-SEO yaitu hasil pencarian komplemen atau sementarar, alasannya yaitu adanya hasil pencarian utama ini, maka Google mendapat komplemen income yang sangat banyak, itu kalau dari sisi bisnis ya sahabat.

Namun bukan berarti hasil pencarian non-SEO tidak mempunyai nilai sama sekali, kalau sahabat bisa mengoptimisasi keduanya, non-SEO dan SEO dengna sangat baik, maka hal tersebut akan lebih baik di bandingkan hanya memakai salah satunya saja, alasannya yaitu masing-masing saling melengkapi.

Catatan, hasil pencarian non-SEO biasanya di pakai oleh situs website blog gres biar bisa cepat memasarkan produk atau jasanya untuk mendapat keuntungan, sambil terus mengoptimisasai situs web tersebut secara SEO.


Mengapa SEO di sebut alami atau organik


Karena SEO yaitu proses yang tumbuh dan berkembang, di mulai dari situs web yang gres sahabat daftarkan domain dan hostingnya, situs yang tidak populer, tidak mempunyai posisi apapun di hasil pencarian internet, tapi kalau situs web tersebut di optimisasi dengan baik, maka situs web itu akan berkembang semakin besar, populer, mempunyai posisi di hasil pencarian, dan memenuhi objektif pemilik situs.

Berbeda dengna non-SEO atau mom-organik yang sifatnya Instan, ada uang Google sayang, tidak ada uang iklanku hilang, namun tetap harusa di ingat bahwa non-SEO dan SEO mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, sahabat bisa menentukan salah satunya, atau bahkan keduanya, sesuai kebutuhan sahabat.

Jika sahabat suka memelihara binatang contohnya kucing, maka sahabat paham arti alami atai organik, begitu juga para ibu-ibu yang suka belanja ayam di pasar, ada ayam kampung yang organik, ada juga juga ayam potong biasa yang non-organik.

Salaha kaprah "SEO Non-organik

Setelah memahamin apa itu SEO dan non-SEO, maka sahabat mengetahui bahwa tidak ada yang namanya (SEO non-organik) alasannya yaitu SEO itu sendiri yaitu proses alami atau organik maka hasil proses men-SEO kan sebuah situs atau web yaitu berupa hasil pencarina organik. Hasil pencarian non-organik yang muncul di bab atas atau samping kanan halaman pertama Google yaitu alasannya yaitu optimisasi non-SEO (iklan berbayar), buka optimisasi mesin pencari (SEO)

Jika SEO selalu organik (SEO=Organik), maka non organik pastilah non-SEO (non organik=non-SEO) sehingga tidak ada "SEO non-Organik", hingga di sini kalau sahabat kebingungan silahkan tanyakan saja kepada aku jangan malu-malu sahabat.

Ringkasan Definisi-definisi SEO


Berikut ini adlaah ringkasan kata-kata aku yang akan sahabat temui selama mendalami dan berkecimpung di dunia SEO.

  1. SEO yaitu search engine optimization atau serach engine optimizer
  2. Kata kunci (Keyword atau KW ) yaitu salah satu kata yang di ketikan oleh pengguna internet di mesin pencari.
  3. Frasa kunci (Key pharse) yaitu frase (beberapa kata) yang di ketikan oleh pengguna internet di mesin pencari, walau berbeda arti, frase kunci sering di sebut kata kunci.
  4. SERP yaitu search engine result page yaitu halaman hasil pencarian mesing pencari.
Dengan memahami apa itu SEO, istilah dan terminologi, dan definisi - definis SEO di atas, maksa sahabat bisa menciptakan definisi bebas mengenai apa itu SEO, namun tetap mengingat dan memahami definis SEO secara umum contohnya dari Wikipedia berbahasa inggris. 

Salah sati definisi apa itu SEO secara bebasa misalnya, " semua perjuangan yang di perlukan biar sebuah situs atau website blog sebuah halaman web sanggup muncul di SERP untuk setiap keyword yang di targetkan".


Tujuan utama SEO 




Sedangkan tujuan SEO yang utama yaitu terkait dengan trafik, yaitu berfokus unutk meningkatkan trafik, dan ini yaitu dampak netto atau tujuan yang akan tecapai manakan tujuan dasar SEO (meningktakan rangking) sudah tercapai.

Tujuan SEO yang utama yaitu sebagai berikut 

  • Meningkatkan volume trafik kunjungan pengguna internet
  • Supaya sebanyak-banyaknya pengunjung mendatangi situs kita dengna menjadi yang paling banyak di klik(berada di area berwarna merah pada click heatmap yaitu di bab separuh halmaan di atas / upper fold, lebih baik lagi menjadi nomor 1-3 di SERP).
  • Meningkatkan kualitas Trafik kunjungan calon konsumen produk atau jasa sahabat
  • SEbanyakn mungkin pengunjung tersebut adlaah pengunjung yang di targetkan sesuai kata kunci yang akan sahabat pilih, sehingga lalu-lintas / trafik pengunung/ kunjungan yang tiba memang membutuhkan dan sedang mencari apa-apa yang sahabat tawarkan ke situs sahabat).
  • Mempertahannkan kedua jenis trafik di atas secara berkesinambungan
Sebagaimana sahabat pahami, dengan riset kata kunci yang benar dan proses SEO yang baik, peringkat pencarian yang manis tercapai, maka ketiga tujuan utama SEO di atas akan gampang segera di capai. Jika tujuan SEO sahabat tercapai, dari tujuan dasar dan tujuan utama ini, maka dpat di pastkkan akan banyak trafik tertarget menuju situs Web atau halaman web yang sahabat optimisasi untuk mesin peencari, semakin banyak trafik tertarget, maka potensi tercapainya objektif atau tujuan selesai dari situs sahabat akan semakin tinggi.


Keuntungan SEO


Keuntungan yaitu hal yang paling di dambakan oleh blogger atau penulis, sebagaimana di atas, kalau situs blog atau website berkategoir komersil sepeti toko online maka laba materil berupa profit atau reveneu akan di dapat. Jika situs ahabat terkait dengna yayasan dan acara sosial atau pendidikan gratis bagi merkaa yang tidak bisa atau jauh di pelosok tempat tanpa sekolah fisik, maka laba moril menjadi pencapain laba SEO ini.

Jadi laba yang di sanggup dari SEO yaitu laba moril dan atau laba materil, sesuai objektif utama dari situs web sahabat.

Catatan penting, alasannya yaitu laba SEO yaitu hasil selesai persatuan waktu yang di capai, maka bisa di rumuskan ukuran pencapain SEO sahabat dalam satuan keseluruhan biaya SEO di bagi total laba SEO atau total cost SEO / total benefit SEO, kalau risikonya kurang dari 1, mka artinya pencapain SEO sahabat belum optimal akan Optimisasi SEO tersebut.

Demikianlah artikel yang sanggup aku jelaskan semoga bermanfaat bagi seluruh teman-teman atau sahabat pengunjung indo blog selamat mencoba dan semoga berhasil. Kritik dan saran sangat aku harapakan untuk memajukan kualitas blog aku dan hingga jumpa.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Seo ( Search Engine Optimization) Terlengkap"