Cerita Reflektif dan Post Test Topik Asesmen SMP SMA/SMK Modul 1
GARUTSELATAN.NET - Soal dan Jawaban Latihan Pemahaman Cerita Reflektif dan Post Test Topik Asesmen SMP, SMA/SMK Modul 1.
Sebelumnya Ibu/Bapak telah menyelsaikan proses Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Modul 1, Modul 2, Modul 3, Modul 4, Modul 5 dan Post Test Modul 1, Modul 2, Modul 3, Post Test Modul 4, kali ini GSN bagikan kembali Contoh Jawaban berikutnya yaitu Post Test Modul 5.
Topik Kurikulum Merdeka Modul 1 Kurikulum & Post Test, Modul 2 Kurikulum & Post Test
Ibu/Bapak Guru akan mempelajari Soal dan Jawaban Latihan Pemahaman Cerita Reflektif dan Post Test Topik Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK Modul 1 + Materi Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik Modul 2 + Materi Refleksi dalam Pembelajaran SD, SMP, SMA/SMK Modul 3
Ibu/Bapak Guru akan mempelajari Soal dan Jawaban Latihan Pemahaman Cerita Reflektif dan Post Test Topik Asesmen SMP SMA/SMK Modul 1
Berikut GSN bagikan Contoh Jawaban Cerita Reflektif dan Post Test Materi Refleksi dalam Pembelajaran SD, SMP, SMA/SMK.
A. Materi Prinsip dan Fungsi Asesmen
Latihan Pemahaman :
1. Asesmen yang lebih melibatkan murid untuk menilai diri dan temannya adalah salah satu karakteristik dari...
Jawaban : Asesmen sebagai proses pembelajaran (as learning).
2. Dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen ditempatkan sebagai berikut, kecuali...
Jawaban : Alat untuk menghasilkan nilai.
Cerita Reflektif : Apa yang terlintas di pikiran Ibu dan Bapak saat mendengar kata asesmen?
Jawab : Terlintas diawal pikiran saya bahwa asesmen adalah proses penilaian / penghargaan kepada siswa setelah mempelajari materi tertentu.
B. Materi Metode dan Format Asesmen
Latihan Pemahaman :
1. Projek adalah salah satu bentuk asesmen dengan teknik...
Jawaban : Performa
2. Berikut yang bukan termasuk dalam format asesmen alternatif adalah...
Jawaban : Soal pilihan ganda
Cerita Reflektif : Setelah menyimak video tadi, manakah teknik asesmen yang Ibu dan Bapak paling ingin coba untuk diterapkan di kelas? Mengapa?
Jawaban : Asesmen sumatif, karena ingin mengetahui seberapa kuat capaian hasil belajar.
C. Materi Kurikulum dan Asesmen
Latihan Pemahaman : Salah satu cara melibatkan murid secara aktif dalam asesmen adalah dengan mengajak murid untuk...
Jawaban : Semua benar
Cerita Reflektif : Apa pandangan baru yang Ibu dan Bapak Guru dapatkan setelah menyimak video ini?
Jawaban : Mencoba hal-hal baru yang dapat menambah aktifitas murid (student center) sehingga akan didapat informasi apakah tujuan pembelajaran telah dicapai dengan baik.
D. Post Test Pelatihan Mandiri Topik Asesmen SMP-SMA/SMK Modul 1
1. Asesmen sebagai proses belajar bertujuan untuk...
Jawaban : Mendapatkan umpan balik bagi guru untuk memperbaiki pembelajaran di tema berikutnya.
2. Perhatikan pernyataan di bawah ini:
Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan pemahaman diri terkait materi tertentu.
Untuk merencanakan perbaikan proses pembelajaran selanjutnya.
Untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran pada periode tertentu.
Untuk mengetahui nilai capaian belajar anak.
Untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan belajar setiap individu.
Untuk merencanakan pola pendampingan belajar yang perlu dilakukan.
Fungsi asesmen sumatif bagi guru adalah...
Jawaban : 2 dan 3
3. Pak Ian ingin mengetahui pencapaian hasil belajar muridnya di materi IPA. Ia juga ingin melihat kekuatan dan kelemahan belajar pada murid. Manakah asesmen di bawah ini yang dapat dilakukan oleh Pak Ian?
Jawaban : Murid melakukan penilaian antarteman saat mempresentasikan temuan mereka dalam percobaan IPA, kemudian murid saling memperbaiki dan melengkapi temuan mereka
4. Asesmen hanya digunakan sebagai salah satu bukti atau informasi untuk memahami proses pembelajaran yang telah berlangsung.
Jawaban : Salah
5. Perhatikan pernyataan di bawah ini
Dapat digunakan sebagai umpan balik perbaikan pembelajaran.
Dapat digunakan untuk memetakan perkembangan proses belajar murid.
Dapat digunakan sebagai alat untuk menentukan kualitas guru.
Dapat digunakan untuk bahan evaluasi diri guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran.
Dapat digunakan untuk mengetahui hasil belajar murid pada akhir proses pembelajaran saja.
Pernyataan yang tepat terkait fungsi asesmen adalah...
Jawaban : 1, 3, dan 4
6. Dalam melakukan penilaian hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA, Pak Adit menggunakan tes tertulis sebagai satu-satunya alat ukur untuk mengukur kompetensi murid. Berdasarkan prinsip penilaian, penilaian yang dilakukan Pak Adit tidak sesuai dengan prinsip...
Jawaban : Menyeluruh
7. Peran asesmen dalam implementasi kurikulum di kelas adalah...
Jawaban : Membantu guru untuk menentukan strategi pembelajaran selanjutnya
8. Penyataan yang benar mengenai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah...
Jawaban : Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan sumber informasi bagi guru untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi murid.
9. Pak Dentje adalah seorang guru baru. Ia masih kesulitan untuk memahami kaitan antara Capaian Pembelajaran dan tujuan pembelajaran dalam kurikulum dengan asesmen.
Pak Dentje menuliskan langkah-langkah agar dapat membantu ia memahami
Menelaah Capaian Pembelajaran.
Menurunkan capaian pembelajaran menjadi alur tujuan pembelajaran dan tujuan pembelajaran.
Melakukan asesmen.
Dari indikator asesmen diturunkan menjadi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
Menurunkan tujuan pembelajaran menjadi indikator asesmen.
Mendiagnosis penguasaan murid dengan bantuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
Menentukan intervensi pembelajaran yang sesuai.
Langkah-langkah yang tepat dan sesuai urutannya adalah...
Jawaban : 1 - 2 - 5 - 4 - 3 - 6 - 7
10. Asesmen yang dilakukan pada awal pembelajaran untuk mengetahui kapasitas murid di kelas adalah...
Jawaban : Asesmen diagnostik
11. Bu Alda akan melakukan tes untuk kemampuan menulis cerpen. Untuk tes tersebut, sebaiknya Bu Alda menggunakan instrumen asesmen...
Jawaban : Rubrik
12. Pak Didi akan melakukan asesmen untuk tujuan pembelajaran berikut:
Menyajikan hasil percobaan pemanfaatan gaya dan gerak serta pengaruhnya pada peristiwa di lingkungan sekitar. Teknik asesmen yang tepat untuk digunakan oleh Pak Didi adalah...
Jawaban : Melakukan projek mengenai pemanfaatan gaya dan gerak disertai laporan pelaksanaan projek.
Demikian informasi tentang Cerita Reflektif dan Post Test Topik Asesmen SMP SMA/SMK Modul 1, semoga bermanfaat.
Pencarian yang banyak dicari:
- cerita reflektif
- jawaban post test
- topik perencanaan pembelajaran sma/smk
- modul 1
- materi pemahaman bermakna dan pertanyaan pemantik modul 2
- materi refleksi dalam pembelajaran sd, smp, sma, smk modul 3
- refleksi dalam pembelajaran sd, smp, sma, smk
- visi misi satuan pendidikan
- merumuskan alur tujuan pembelajaran (ATP)
- tujuan pembelajaran (TP)
- menguraikan capaian pembelajaran
- menentukan metode pembelajaran
- menentukan isi CP
- menentukan rencana assesmen
Posting Komentar untuk "Cerita Reflektif dan Post Test Topik Asesmen SMP SMA/SMK Modul 1"