Faq Akun Pembelajaran (Belajar.id)


Akun Pembelajaran merupakan nama akun (User ID) yang bertanda belajar.id dan kata sandi (password) yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran. Dengan memiliki Akun Pembelajaran, Anda bisa menikmati manfaat berikut:

1.    Lebih mudah dan efektif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, seperti konferensi video, dokumen daring, pengarsipan kelas, dan lain-lain

2.    Dapat mengakses berbagai platform Kemendikbudristek hanya dengan satu akun

3.    Menyimpan data secara daring dengan lebih aman

4.    Mengakses dan menggunakan Chromebook

5.    Menerima informasi resmi dari Kemendikbudristek

Penggunaan Akun Pembelajaran tidak dipungut biaya atau gratis. Untuk mendapatkan Akun Pembelajaran, silakan mengikuti panduan di sini.

Bagaimana jika saya tidak ingat password Akun Pembelajaran saya?

Apabila Anda tidak mengingat kata sandi (password), silakan menghubungi Admin Sekolah untuk mengajukan reset password.

Perlu diketahui, Anda hanya dapat melakukan reset passworddengan dua kondisi berikut:

§      Sesaat setelah aktivasi

§      Setelah Anda menjadi pengguna aktif atau apabila Anda lupa kata sandi (password)

Admin Sekolah dapat melakukan reset password dengan mengikuti panduandi sini. Selain itu, Anda juga dapat menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan” di kanan bawah laman belajar.id.

 

Saya belum memiliki Akun Pembelajaran, bagaimana caranya untuk mendapatkan akun?

Silakan lakukan pemeriksaan ketersedian Akun Pembelajaran Anda secara mandiri pada laman belajar.id. Jika akun Anda tidak ditemukan, silakan menghubungi Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah Anda.

 

Mengapa Akun Pembelajaran (belajar.id) saya terhapus?

Apabila Anda menemukan status akun menjadi tidak aktif atau terhapus, maka terdapat beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut terjadi, yaitu:

1.    Status Anda sebagai pengguna tidak lagi terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

2.    Akun Anda ditemukan melakukan pelanggaran aturan Akun Pembelajaran

3.    Perpindahan jenjang yang mengharuskan akun lama Anda menjadi tidak aktif

Anda dapat memastikan penyebab penonaktifan akun Anda dengan menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan” di kanan bawah laman belajar.id

 

Bagaimana jika Admin Sekolah tidak memiliki akses ke admin.google.com untuk reset password pengguna?

Silakan cek data pengguna yang diunduh oleh Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) melalui laman https://pd.data.kemdikbud.go.id. Apabila Anda tidak menemukan akun Admin Sekolah pada data tersebut, maka Kepala Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah) harus mengajukan surat permohonan akses Admin Sekolah dengan menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan” di kanan bawah laman belajar.id dengan menyertakan data:

1.    Nama Sekolah

2.    Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)

3.    Nama Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah

4.    NIK Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah

5.    Akun Pembelajaran Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah

Prosedur ini juga berlaku apabila sekolah Anda ingin mengajukan penambahan akun atau mengganti Admin Sekolah di sekolah Anda.

 

Bagaimana jika sekolah ingin menambahkan akun Admin Sekolah?

Apabila pihak sekolah ingin menambah akun Admin Sekolah, maka Kepala Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah) dapat menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan” di kanan bawah laman belajar.id dengan menyertakan data:

1.    Nama Sekolah

2.    Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)

3.    Nama Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah

4.    NIK Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah

5.    Akun Pembelajaran Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah

Prosedur ini juga berlaku apabila sekolah ingin mengganti Admin Sekolah di sekolah Anda.

Sumber : https://sites.google.com/wartek.belajar.id/bantuanbelajarid/home

Posting Komentar untuk "Faq Akun Pembelajaran (Belajar.id)"