Strategi Pengelolaan Kelas Untuk Menyongsong Kebijakan Kurikulum 2022

Beberapa persiapan yang bisa dipakai Guru sebagai strategi pengelolaan kelas untuk menyongsong kebijakan kurikulum 2022 perlu dilakukan guru pada setiap jenjang pendidikan sebagai upaya untuk menciptakan suasana pembelajaran yang baik sebagai upaya untuk menyongsong kebijakan kurikulum 2022.

Tujuan strategi pengelolaan kelas tidak lain untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Selain itu melalui pengelolaan kelas yang baik akan menciptakan pembelajaran yang bermakna sehingga hasil belajar akan meningkat.

Pada praktiknya untuk mengelola kelas bukanlah perkara yang mudah bagi sebagian guru apalagi untuk mempersiapkan diberlakukannya kebijakan kurikulum 2022 pasti sebagian besar guru di Indonesia akan mengalami culture shock atau gegar budaya sesaat dalam menghadapi kebijakan tersebut.

Nah untuk menghadapi hal tersebut ada beberapa tips yang perlu dilakukan guru. Apa saja?

1.Memahami teori pembelajaran

Pemahaman teori pembelajaran sangat penting dikuasai oleh guru karena merupakan hal dasar dalam menerapkan strategi yang tepat untuk digunakan di kelas yang dituju. Apabila guru sudah menguasai teori pembelajaran yang digunakan maka secara langsung dapat menerapkan berbagai strategi untuk mengelola kelas sesuai dengan kebutuhan, kondisi, kebijakan, serta karakter siswa karena penguasaan teori ini merupakan hal yang bersifat universal.

2.Menguasai materi pembelajaran

Penguasaan materi pembelajaran juga merupakan hal yang bersifat universal dalam hal menentukan sebuah strategi untuk mengelola kelas karena penguasaan materi akan memberikan rasa percaya diri bagi guru untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga apapun kebijakan, kondisi, serta karakter siswa tidak akan mempengaruhi kualitas pembelajaran di kelas.

3.Penyesuaian gaya mengajar yang sesuai

Gaya mengajar merupakan sebuah strategi awal untuk mengelola kelas dengan baik. Gaya mengajar meliputi cara berbahasa, bersikap dan penampilan. Penerapan gaya mengajar ini juga harus disesuaikan dengan kondisi kelas, mata pelajaran yang diampu serta budaya di kelas tersebut.

4.Penggunaan metode pengajaran sesuai dengan materi pembelajaran

Melakukn kontrol saat memulai dan mengakhiri kelas meupakan hal kecil yang tidak boleh diabaikan oleh guru untuk mengelola kelas agar lebih disiplin. Karena kalau tidak melakukan kontrol secara konsisten dan kontinyu maka akan merusak konsentrasi siswa sehingga kondisi kelas tidak kondusif.


5.Kesiapan guru dan siswa


Sebelum memulai pembelajaran hendaknya guru dan siswa melakukan persiapan untuk menghadapi pembelajaran seperti materi, mental, strategi, metode, alat tulis, dan sebagainya untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Sumber : https://naikpangkat.com

Posting Komentar untuk "Strategi Pengelolaan Kelas Untuk Menyongsong Kebijakan Kurikulum 2022"