Pemerintah Siapkan Bantuan BLT Dana Desa, Rp 13 Triliun Akan Cair Hingga Akhir Tahun

 

Pemerintah Siapkan Bantuan BLT Dana Desa, Rp 13 Triliun Akan Cair Hingga Akhir Tahun

Pemerintah Siapkan Bantuan BLT Dana Desa, Rp 13 Triliun Akan Cair Hingga Akhir Tahun

Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyalurkan bantuan BLT dana desa untuk masyarakat desa yang terdampak pandemi Covid-19.

Masa pandemi Covid-19 yang belum kunjung berakhir menjadikan Kemendes PDTT mengalihkan anggaran dana desa menjadi BLT dana desa sebagai upaya perlindungan sosial hingga Desember akhir tahun 2020 ini.

Kemendes PDTT akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp30,79 triliun sisa dari Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) DAN Rp13,06 triliun sisa dana desa untuk dijadikan BLT dana desa.

Informasi tersebut dijelaskan oleh Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar mengenai sisa anggaran dari program PKTD sebesar Rp30,7 triliun yang mampu menyerap 7,05 juta karyawan.

Selain sisa anggaran dari program PKTD tersebut, Halim juga menyampaikan bahwa masih terdapat Rp13,06 triliun yang merupakan sisa anggaran Dana Desa untuk melanjutkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa hingga Desember akhir tahun 2020 ini.

"Kalau Rp30,793 triliun ini nanti digunakan untuk Program Padat Karya Tunai Desa hingga Desember 2020 dengan asumsi setiap PKTD 8 hari per bulan maka akan ketenu 7.056.751 pekerja yang akan terderap dengan PKTD," ujar Halim dalam konferensi pers usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo pada Kamis, 24 September 2020.

Halim juga menyampaikan laporan bahwa anggaran dana desa saat ini telah diserap dan disalurkan ke rekening kas desa (RKDes) hingga sekitar Rp52 triliun.

Menurutnya anggaran dana desa tersebut telah digunakan dan disalurkan untuk berbagai program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

"Telah digunakan untuk Desa Tanggap Covid, Padat Karya Tunai, dan pembangunan infrastruktur lainnya mencapai Rp11,9 triliun, dan yang lain untuk BLT Dana Desa digunakan Rp15,4 triliun sehingga dana yang sudah terserap total Rp27,345 triliun," ujarnya

Pemerintah juga telah menetapkan sejumlah syarat yang harud dipenuhi untuk mendapat bantuan BLT Dana Desa ini bagi masyarakat.




Sumber : pikiran-rakyat.com

Posting Komentar untuk "Pemerintah Siapkan Bantuan BLT Dana Desa, Rp 13 Triliun Akan Cair Hingga Akhir Tahun"