Cara Membackup File Wordpress Melalui Cpanel Terlengkap

Cara Membackup File Wordpres Melallui Cpanel Terlengkap


Membackup file, ialah salah satu hal penting yang seringkali di sepelekan oleh banyak pengguna website. Mereka kurang memperhatikan betapa pentingnya membackup file-file yang terdapat pada website mereka. Dulu saya pernah mengalami kesalahan dalam mengutak-atik website saya sendiri. Saya orangya suka mencar ilmu hal-hal gres dan saa t itu saya mencoba mengutak-atik website saya yang satunya lagi semoga tampilannya lebih menarik. 

Saya utak-atik tuh kode-kode menyerupai php dan teman-temannya dan akhirnya blog saya tambah hancur malah, bukan tambah mernaik tapi tambah menciptakan mata perih melihatnya. Jujur, waktu itu saya galau sekali, file backup juga tidak ada dan kesalahan saya yang kedua yaitu utak-atiknya tidak melihat waktu dulu, saya utak-atiknya pada sore hari, dimana pengunjung blog saya ramai pada waktu sore hari. Alhasil saya harus mantengin laptop selama kurang lebih 5 jam hanya untuk mengembalikan tampilan blog saya menyerupai semula.

Maka dari itu, sahabat harus benar-benar melakukanbackup pada website sahabat secara bersiklus guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan menyerupai rusaknya file alasannya ialah kesalahan pemilik website itu sendiri ( menyerupai kasus saya), kesalaahan pada hosting yang sahabat pakai atau alasannya ialah di retas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Mencegah lebik baik dari pada mengobati, mungkin peribahas tersebut wajib di aplikasian oleh semua pemilik website, salah satunya caranya ialah dengan membackup file website tanpa panjang lebar, saya akan menunjukkan cara secara lengkap mengenai cara membackup file pada website berplatform Wordpress.


1. Membackup Database


Ada dua komponen penting yang harus sahabat backup, yaitu database dan file wp-content, pertama-tama saya akan menjelaskan cara membackup database wordpress terlebiih dahulu, kita sanggup melaksanakan backup database melalui phpmyadmin atau memakai plugin wordpress menyerupai BackWPup.

Cara pertama Backup database memakai phpmyadmin

  • Login ke akun Cpanel sahabat
  • Kemudian pilih phpMyadmin pada sajian Databases
  • Sahabat akan melihat tampilan pada sajian phpmyadmin menyerupai terlihat pada layar monitor sahabat, pilih database (tempat websit sahaabat berada) yang ingin sahabat backup, kemudian pilih tab Export 
  • Setelah itu klik tombol Go untuk mendownload file databasenya.
  • Tunttu hingga proses download jawaban dan simpan di folder terserah sahabat cara pertam selsai.

Cara Kedua Menggunakan plugin BackWPup

  • Instal plugin backup favorit sahabat, dalam tutorial kali ini, saya memakai plugin Backwpup, bersama-sama masih ada banyak pilihan plugin yang sahabat sanggup pilih sesuai dengan selera sahabat.
  • Setelah jawaban menginstal plugin backupnya, masuk ke sajian Dasboard dan cukup klik tombol Download database backup untuk mendownload database website sahabat.
  • Tunggu hingga proses download jawaban dan simpan file yang di download tersebut ke dalam folder yang di inginkan oleh sahabat.


2. Cara membackup file WP-Content


Setelah jawaban membackup database, langkah yang kedua ialah membackup file wp-contetn, saya biasanya membakcup file wp-content melalui cpanel dan untuk beberapa website saya yang memakai vps, saya cenderung lebih suka memakai software ftp seprti Filezilla, caranya ialah sebagai berikut baca dan sanggup pribadi untuk di praktekan sahabat.

  • Login ke akun Cpanel sahaabat.
  • Pilih file Manager pada sajian Files.
  • Maka akan muncul tampilan menyerupai yang ada di monitor sahabat, silahkan pilih Go untuk melanjutkan.
  • Kemudian pilih wp-contetn sahabat tidak sanggup mendownloadnya secara langsung, tetapi erlebih dahulu sahabat harus mengkompresnya, silahkan klik tombol compress yang terletak di samping kanan atas layar monitor sahabat.
  • Kemudian pilih tipe kompresi saran saya pilihlah Zip Archive kemudian klik tombol compress file (s) yang terletak di kanan bawah layar monitor sahabat.
  • Tunggu beberpa detik, sahabat akan melihat tampilan menyerupai yang ada di monitor sahaabt intu membuktikan proses compressing selesai, silakan klik tombol Close.
  • Cari file wp-content yang mempunyai format  .zip (Letaknya biasanya di bawah kemudian klik tombol Download untuk mendownload file wp-contentnya.
  • Tunggulah hingga proses download jawaban kemudian cari file yang telah di download di folder yang sahabat inginkan dan selesai.

Baiklah, dua file penting sudah sahabat backup misalkan website sahabat mengalami maslah yang tidak di inginkan, sahabat cukup merestore saja dua file tersebut, bersama-sama dengan plguin Backwpup sahabat juga sanggup membackup wp-contetn, plugin ini memang super, alasannya ialah sahabat sanggup membackup file wp-contetn sahabat secara otomatis dan sanggup di kirim pribadi ke email atau akun dropbox sahabat keren kan? insya Allah saya akan berbagi artikelnya jadi tunggu saja updat selanjutnya dari saya semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Membackup File Wordpress Melalui Cpanel Terlengkap"