GARUTSELATAN.NET - Mendidik dan Mengajar? Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Pelatihan Mandiri Topik Merdeka Belajar Modul 2 Mendidik dan Mengajar.
Modul 2: Mendidik dan Mengajar, Jawaban Latihan Pemahaman |
Topik Merdeka Belajar, pemahaman gagasan dan prinsip pendidikan berdasarkan pemikiran KHD, pemahaman untuk memfasilitasi murid agar tumbuh sesuai dengan kodratnya, dan penerapan pembelajaran yang memerdekakan murid.
Baca Juga:
- Aplikasi Foundroid Earning Apk Penghasil Uang Terbaru 2022
- APK Penghasil Uang Jungle Box Legit Agustus
- Cara Dapat Uang dari ApK Gemgala Terbaru
- APK Penghasil Saldo Dana 1 Juta Terbaru, Buruan Download
- 1,10,100,1000 Koin Fizzo Novel Berapa Rupiah?
- 5 Cara Dapat Uang dari Bank Jago Gratis
- 1000 Cara Nuyul Semut TRX com
- APK IDN Berita Penghasil Uang 2022, Apakah Penipuan?
- WestMoney APK Penghasil Uang Apakah Membayar?
- 4 Cara Nuyul Aplikasi Bling Story Apk Nonton Video dibayar
- 1000 Koin Bling Story Berapa Rupiah?
- HSB Investasi Penghasil Dollar Buruan Coba
- Cara Mengajukan Pinjaman di Modalku Secara Cepat
Pada modul ini, kita akan belajar dua hal yaitu:
- Mendidik dan Menyeluruh
- Pendidikan Selama Satu Abad
- Menjadi Manusia (secara) Utuh
A. Materi Mendidik Menyeluruh
Mendidik Menyeluruh
Kita percaya bahwa sekolah dan pendidikan merupakan bekal untuk murid kita mengisi masa depan. Pertanyaannya, Apakah hal-hal yang Ibu/Bapak lakukan setiap hari diruang kelas bisa membantu murid mengsisi masa depannya?
1. Latihan Pemahaman : Manakah peran yang paling dominan Anda lakukan di dalam kelas?
A. Mendidik
B. Mengajar
C. Mendidik dan Mengajar
2. Cerita Reflektif : Ceritakan sosok guru yang menumbuhkan kekuatan dan potensi Anda sewaktu menjadi murid dulu?
Jawaban : Guru yang menumbuhkan kekuatan dan potensi saya sewaktu menjadi murid yakni guru yang tidak membeda-bedakan kemampuan muridnya. Beliau mendidik saya menjadi pribadi yang tanggung jawab, mandiri, memberikan kesempatan dan pengalaman untuk mencoba dan mengalami, belajar dari kesalahan, dan menghargai sesama.
Baca Juga :
B. Materi Pendidikan Selama Satu Abad
Pendidikan Selama Satu Abad
Kita percaya bahwa sekolah dan pendidikan merupakan bekal untuk murid kita mengisi masa depan. Pertanyaanya, Apakah hal-hal yang Ibu/Bapak lakukan setiap hari diruang kelas bisa membantu murid mengisi masa depannya?
1. Latihan Pemahaman : Manakah budaya pendidikan zaman kolonial yang sudah tidak lagi di praktikkan di kelas:
A. Meminta murid berdiri di depan kelas saat mereka lalai mengerjakan tugas.
B. Saat belajar, murid duduk rapi menghadap ke depan dan kelas hening.
C. Melakukan pemeringkatan murid berdasarkan nilai dari tes pengetahuan setiap mata pelajaran.
D. Cara pembuatan tugas dilakukan seragam, misalnya semua murid mengerjakan video, melalui tulisan, dsb.
E. Memukul murid karena tidak mengerjakan tugas.
2. Cerita Reflektif : Praktik pendidikan kolonial apa yang pernah Anda lakukan selama menjadi guru?
Jawaban : Saya melakukan pembelajaran yang membuat siswa fokus pada nilai. Saya menekankan kemampuan kognisi siswa seperti latihan soal secara intensif ketika menjelang ujian. Sehingga ketika siswa mendapat nilai kurang saya memandang siswa gagal dalam belajar.
C. Materi Menjadi Manusia Secara Utuh
Menjadi Manusia (Secara) Utuh
Manusia memiliki dua kebutuhan dasar yaitu kebutuhan lahir dan batin. Pendidikan seyogyanya dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Apakah cara mendidik dan mengajar kita sudah memenuhi kebutuhan murid?
1. Latihan Pemahaman : Pendidikan atau “tuntutan” seharusnya memberikan murid:
A. Didikan pengetahuan
B. Didikan 'lahir'
C. Didikan 'batin'
D. Didikan hidup
E. Didikan 'lahir' dan 'batin'
2. Cerita Reflektif : Jika kembali ke semester lalu dimana anda merasa belum optimal mengasah nalar, kemampuan berpikir, dan mengembangkan kebutuhan batin murid anda, dimateri apa anda mau mengajar kembali dan memperbaiki dengan cara apa?
Jawaban : Materi yang ingin saya ajarkan kembali adalah procedure text. Saya ingin memperbaiki cara saya mengasah nalar, kemampuan berfikir, dan kebutuhan batin murid terutama kesempatan bagi siswa untuk menalar dan berfikir kritis dalam mengobservasi dan mengeksplorasi dengan cara melakukan pembelajaran berbasis proyek.
Demikian informasi tentang Modul 2: Mendidik dan Mengajar, Jawaban Latihan Pemahaman dan jangan lupa bagikan informasi ini ke teman-teman, saudara atau rekan guru semua, semoga bermanfaat.
Pencarian yang banyak dicari:
- jawaban latihan
- kunci jawaban latihan pemahaman
- modul 1 mengenali & memahami diri sebagai pendidik
- jawaban cerita reflektif
- pelatihan mandiri topik merdeka belajar
- implementasi kurikulum merdeka
- mengenali diri & perannya sebagai pendidik
- apa peran saya sebagai guru
- ingin menjadi guru seperti apa saya
- jawaban post test modul 1
Posting Komentar untuk "Modul 2: Mendidik dan Mengajar, Jawaban Latihan Pemahaman"