Capaian Pembelajaran Teknik Laboratorium Medik

Capaian Pembelajaran Teknik Laboratorium Medik | Menghantarkan peseerta didik menguasai keahlian Teknik Laboratorium Medik dalam melakukan pelayanan prima dan essential di laboratorium medik yang berkualitas. 

Mampu melakukan pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan dan faktor yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan perorangan dan masyarakat.

Dasar-Dasar Teknik Laboratorium Medik adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian Teknik Laboratorium Medik dalam melakukan pelayanan prima dan essential di laboratorium medik yang berkualitas.   Pada tingkat selanjutnya akan diajarkan berbagai kompetensi seperti pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan dan faktor yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan perorangan dan masyarakat.  Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Laboratorium Medik berfungsi untuk mempersiapkan peserta didik sebelum memperoleh pembekalan materi pemeriksaan spesimen di laboratorium medik (pra-analitik).

Capaian Pembelajaran Teknik Laboratorium Medik

    A. Rasional Teknik Laboratorium Medik

    Dasar-Dasar Teknik Laboratorium Medik adalah mata pelajaran yang berisi
    kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian Teknik
    Laboratorium Medik dalam melakukan pelayanan prima dan essential di
    laboratorium medik yang berkualitas. 

    Pada tingkat selanjutnya akan diajarkan berbagai kompetensi seperti pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan dan faktor yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan perorangan dan masyarakat.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Laboratorium Medik berfungsi untuk mempersiapkan peserta didik sebelum memperoleh pembekalan materi
    pemeriksaan spesimen di laboratorium medik (pra-analitik).  

    Dengan demikian peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta,
    membangun sikap dan nilai-nilai baru secara mandiri. 

    Membekali peserta didik agar mampu menumbuhkan jiwa wirausaha atau bekerja dalam jabatan-jabatan di dunia usaha dan dunia kerja di bidang pekerjaan laboratorium medik juga mendukung untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi vokasi dengan jurusan yang sejenis.

    Pembelajaran dapat dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode serta model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
    kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 

    Model-model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain project-based learning, teaching factory, discovery-based learning, problem-based learning, inquiry-based learning, atau model lainnya serta metode yang relevan.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Laboratorium Medik membentuk peserta didik memiliki keahlian pada bidang layanan laboratorium medik, meningkatkan lebih lanjut kemampuan logika dan teknologi digital (computational thinking), yaitu suatu cara berpikir yang memungkinkan untuk menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola masalah, serta menyusun langkah- langkah solusi mengatasi masalah. 

    Penguasaan kemampuan Dasar-DasarbTeknik Laboratorium Medik akan membiasakan peserta didik bernalar kritis dalam menghadapi permasalahan, bekerja mandiri, serta kreatif dalam menemukan solusi permasalahan kehidupan.

    Capaian Pembelajaran Teknik Laboratorium Medik

    B. Tujuan Teknik Laboratorium Medik

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Laboratorium Medik bertujuan untuk membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skill dan soft skill) meliputi:
    1. memahami proses bisnis layanan laboratorium medik yang meliputi: penerimaan klien, identifikasi kebutuhan klien, perencanaan pemberian layanan, pelaksanaan pemberian layanan, evaluasi pemberian layanan;
    2. memahami perkembangan jenis-jenis layanan laboratorium medik, perkembangan teknologi fasilitas, dan peralatan layanan laboratorium medik;
    3. memahami teknik dasar layanan laboratorium medik;
    4. memahami profil healthpreneur, job profile, peluang usaha dan bekerja/profesi di bidang layanan laboratorium medik;
    5. memahami peralatan laboratorium medik;
    6. memahami bahan yang digunakan di laboratorium medik; dan
    7. memahami penanganan sampel di laboratorium medik.

    Capaian Pembelajaran Teknik Laboratorium Medik

    C. Karakteristik Teknik Laboratorium Medik

    Pada hakikatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Laboratorium Medik berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh tenaga asisten laboran serta jabatan lain sesuai dengan perkembangan dunia kerja.

    Oleh karena itu, dalam proses pembelajarannya memerlukan ketelitian, keakuratan, dan kecermatan.

    Selain itu, peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis,
    perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, profil healthpreneur, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Laboratorium Medik meliputi elemen dan capaian pembelajaran yang dapat sobat telaah lebih lanjut di bagian bawah silahkan di unduh juga bisa.

    D. Capaian Pembelajaran Teknik Laboratorium Medik

    Pada akhir fase E (kelas X) peserta didik akan mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai program keahlian Teknik Laboratorium Medik, dalam rangka menumbuhkan renjana (passion), visi (vision), imajinasi, dan kreativitas untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar.

    Capaian pembelajaran setiap elemen-elemen mata pelajaran Dasar-dasar
    Teknik Laboratorium Medik dapat diuraikan sebagai berikut;


    Demikian Capaian Pembelajaran Dasar-DasarTeknik Laboratorium Medik yang bersumber dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
    Semoga Bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Teknik Laboratorium Medik"