Bersyukur Guru Non PNS di Sekolah Negeri Dapat TPG

 


Ratusan guru non PNS di sekolah negeri yang telah bersertifkat pendidik mulai tersenyum manis. Pasalnya mereka bisa mendapatkan TPG yang selama ini mereka tunggu-tunggu. Ini sebuah anugerah dari pmerintah bagi para guru honorer.

Ketua PGRI Dudung Nurullah Koswara mengungkapkan sejak tahun 2015 pihaknya sudah mem-protes adanya diskriminasi terhadap guru honorer di sekolah negeri.

Setiap guru honorer di sekolah negeri saat itu tidak bisa mendapatkan tunjangan profesi guru (TPG). Karena itu, tidak heran banyak guru honorer di negeri  yang  memiliki sertifikat pendidik pindah ke sekolah swasta. "Ini manusiawi sebagai bentuk ikhtiar memperoleh kesejahteraan yang lebih baik," kata Dudung dilansir dari situs JPNN.com, Senin (14/9/2020).

Dalam WA Grup para guru honorer negeri bersertifikat pendidik banyak mengucap syukur dan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jabar, DPRD Provinsi, Kadisdik, FAGI dan PGRI.

"Mereka entitas guru honorer yang sudah lama mengabdi dan berkontribusi pada dunia pendidikan. Khususnya di Jawa Barat. Mereka layak mendapatkan 'bintang' dalam wujud cairnya TPG," imbuh Dudung.

Dudung menegaskan, guru kompeten dan sejahtera sangat penting bagi loncatan prestasi anak didik. Tidaklah mungkin guru bergaji di bawah UMR bisa mensejahterakan anak didiknya. Untuk kesejahteraan dirinya saja sulit.

"Pmerintah harus mengerti ini. Mngerti teori kesejahteraan! Hanya manusia sejahtera yang dapat mensejahterakan manusia lainnya. Wajib hukumnya setiap guru di negeri ini sejahtera lahir batin!," tandas Kepsek SMAN1 Parungpanjang ini.

Finlandia dan sejumlah negara maju lainya sangat mengutamakan kesejahteraan para guru. Jangan sampai para guru banyak yang  sulit secara ekonomi dan  suramnya jaminan masa depan.

"Ada ungkapan yang menggelitik bahwa untuk melihat masa depan sebuah bangsa, lihat kesejahteraan gurunya. jika profesi guru dianggap tidak penting dan tidak sejahtera maka bangsa itu akan terus terpuruk!," pungkasnya.

 

Sumber: JPNN.com

Posting Komentar untuk "Bersyukur Guru Non PNS di Sekolah Negeri Dapat TPG"