Akhirnya Mentri Keuangan Bicara Soal Pencairan Gaji ke 13 PNS




Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akhirnya buka suara prihal kepastian pencairan gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS). sampai saat ini, pemerintah belum mencairkan gaji ke-13 yang normalnya dimanfaatkan untuk memenuhi biaya pada tahun ajaran baru sekolah.

Sri Mulyani berpesan untuk para PNS bersabar mengenai kepastian kapan pencairan gaji ke-13 di tahun 2020.

"Sabar, nanti ya," singkat Sri Mulyani di gedung DPR RI,dikutip di detik.com

Selain itu Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani belum memberikan jawaban pasti mengenai kapan pencairan gaji ke-13. Dirinya mengetakan saat ini pemerintah sedang fokus pada dampak COVID-19.

"Nanti dulu. Fokus COVID dulu kita," ujar Askolani.

Tahun ajaran baru resmi dimulai pada pertengahan Juli 2020. Namun untuk pencairan gaji ke-13 waktunya kemungkinan akan diundur. Hal itu dikatakan oleh Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo pada 27 Mei lalu.Yustinus mengatakan, gaji ke-13 hingga kini belum bisa dibicarakan. Gaji ke-13 PNS baru akan diputuskan pada Oktober mendatang.

Gaji ke-13 untuk PNS hingga Polri terdiri mulai dari gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan, hingga tunjangan kinerja. Sedangkan, pensiunan akan menerima gaji ke-13 berupa pensiunan pokok, dan tunjangan keluarga atau tunjangan penghasilan. Jumlah gaji ke-13 PNS yang diterima yakni sebesar gaji sebelumnya.

lalu mengapa gaji ke-13 belum cair? Menurut Yustinus keadaan ini ditempuh karena pemerintah sedang fokus dalam penanganan dampak pandemi COVID-19. Pemerintah menjaga prioritas yaitu menangani pandemi virus Corona terutama bansos dan dukungan untuk UMKM.

Sumber :detik.com

Posting Komentar untuk "Akhirnya Mentri Keuangan Bicara Soal Pencairan Gaji ke 13 PNS"